5 Minuman yang Menyebabkan Asam Urat, Salah Satunya Kopi

Selasa, 04 Januari 2022 - 13:50 WIB
loading...
5 Minuman yang Menyebabkan Asam Urat, Salah Satunya Kopi
Minuman yang menyebabkan asam urat dapat dihindari jika Anda tak ingin terkena penyakit yang lazim menyerang persendian itu. Foto Ilustrasi/Lark Health
A A A
JAKARTA - Minuman yang menyebabkan asam urat dapat dihindari jika Anda tak ingin terkena penyakit yang lazim menyerang persendian itu. Setidaknya ada lima jenis minuman yang bisa sebabkan asam urat, salah satunya kopi yang mengandung banyak kafein.

Asam urat merupakan penyakit yang sering dialami masyarakat. Penyakit ini bentuk umum dari radang sendi yang dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat di sendi-sendi tulang, tapi umumnya di jempol kaki.



Jika asam urat dibiarkan, salah satu masalah serius yang bisa terjadi adalah kerusakan sendi permanen. Kalau sudah begitu, mobilitas Anda akan terganggu dan ini memengaruhi kualitas hidup Anda.

Secara umum asam urat tidak ada obatnya. Untuk itu, kontrol diri menjadi penting di sini, termasuk memastikan apa yang Anda makan dan minum sehari-hari. Ya, penelitian menjelaskan ada beberapa minuman yang sebabkan asam urat.

Dilansir dari laman Arthritis Foundation dan Everyday Health, Selasa (4/1/2022), berikut minuman yang bisa sebabkan asam urat.

1. Minuman Beralkohol

Bir dan jenis minuman beralkohol lain mudah diubah menjadi asam urat di dalam tubuh dan memperlambat eliminasinya. Artinya, asam urat yang terjadi akan lebih lama sembuhnya jika Anda minum bir atau minuman beralkohol.

2. Minuman Manis

Bukan hanya minuman beralkohol, minuman manis seperti soda atau jus buah dengan gula sangat tinggi dapat meningkatkan risiko asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3102 seconds (0.1#10.140)